Jumat, 23 Desember 2011

Utilitas Aki 6 Bulan Atau 6 Ribu Km?



Peringatan buat pemilik motor baru! Jangan pernah diam kalau belum sampai 6 ribu km, elektrik starter sudah enggak tokcer lagi. Apalagi setelah dicek aki motor terbukti sudah soak alias minta segera diganti baru. 

Jadi, bagusnya segera melapor ke bengkel resmi. Pastinya semua pabrikan motor akan memberikan jaminan untuk aki berdasarkan bulan atau jarak tempuh. 

“Iya, beberapa teman pemilik motor baru mengeluh. Baru dipakai delapan bulan dengan kondisi motor standar sudah soak akinya,” urai Andi Maulana, pemilik Honda Tiger Revo asal Jogja. 

Silakan cek berapa lama garansi aki di motor sobat. Karena produsen enggak sama kasih untuk masing-masingr tipe untuk garansi accu. “Kalau ada kasus bawaan pabrik akan dicover 6 bulan atau 6.000 ribu km,” beber Nasrowi, Technical Claim Service Supervisor PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), Jakarta.   

Tentunya, lamanya waktu atau jarak tempuh jaminan aki tidak sama dengan garansi kelistrikan motor baru. Garansi kelistrikan untuk motor baru bisa sampai 1 tahun atau 10 ribu km. 

Aki bermasalah di motor baru sudah bisa ketahuan sebelum 6.000 km. Seandainya sumber masalah bukan dari aki, bisa dilacak karena komponen kelistrikan lainnya juga ada problem, mungkin bisa dari kabel atau soket. 

Kalau terbukti ada yang tekor aki sebelum 6.000 km, segera lapor ke bengkel resmi. “Dari situ nantinya baru dianalisis. Pokoknya tenang aja garansi tetap berjalan selama tidak ada ubahan apapun di bagian kelistrikan,” pasti Wedijanto Widarso, Technical Service Division Head PT Astra Honda Motor (AHM). 

Artinya berlaku juga buat merek lain. Seandainya, ada produsen motor yang tidak memberikan garansi aki, mending batalin aja beli motor itu.

Garansi Toko

Andai ada penggantian setelah masa garansi pabrik, ada dua pilihan tempat beli aki. Bisa di toko spare-parts atau bengkel resmi. Tapi, pembelian di dua tempat itu gak punya garansi seperti aki di motor baru. 

“Tergantung toko atau bengkel resmi. Ada yang 1 bulan, ada juga 3 bulan garansi. Malah, ada yang gak kasih garansi,” ujar Sahruddin, Technical Support Division Head PT GS Battery, Sunter, Jakarta Pusat. 

Artinya, jaminan beli aki tergantung pedagang. “Toko atau bengkel resmi lihat tahun motor. Motor tahun muda dikasih jaminan bisa sampai 3 bulan. Usia motor lebih dari 3 tahun bisa gak dapat garansi,” bilang Hasnul Gani, Technical Service PT Yuasa Battery Indonesia (YBI), Tangerang, Banten.  (motorplus-online.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tolong komentar yang bermanfaat dan membangun...trimz