Selasa, 27 Desember 2011

Cara Memperbaiki USB Flash Drive Pada USB Device Not Recognized


flash disk rusakBagaimana Cara Memperbaiki USB Flash Drive Pada USB Device Not Recognized? Sebenanya USB Device Not Recognized muncul karena 2 hal sebagai penyebabnya. Yang pertama karena masalah hardware dan karena masalah software. Untuk masalah kedua sudah saya bahas sebelumnya. Kali ini akan dibahas Bagaimana Cara Memperbaiki USB Flash Drive dari sisi hardware.
Banyak kali kita melihat penyimpanan flash disk yang tidak diakui oleh Sistem Operasi karena masalah hardware flash disk itu sendiri. Anda dapat memecahkan masalah itu dengan mengikuti langkah-langkah Cara Memperbaiki USB Flash Drive yang diberikan di bawah ini:
Langkah-1. Buka dengan hati-hati casing flash disk dengan pisau dempul atau pisau yang kuat.
 flash-disk rusak
Langkah-2. Kelurkan papan circuit flash disk dari tempatnya.
 flash disk rusak
Langkah-3 Pemeriksaan fisik  flash disk untuk setiap kerusakan atau komponen yang patah dengan menggunakan kaca pembesar.
Langkah-4 Resolder kembali connector yang biasanya dicolokkan ke komputer, kemudian lakukan tes koneksi dengan PC atau laptop, lihat apakan masalah masih ada. Jika masih bermasalah lanjutkan dengan langkah berikut.
 flash disk rusak
Langkah – 5 Resolder semua components sekitar connector dan controller chip. Secara khusus periksa resistor tipe fuse. Kadang nilai resistor ini berubah.
Langkah -6 Resolder Oscillator crystal (usually 12 MHz) kemudian reconnect flash disk dengan PC, lihat hasilnya.
 kristal
Catatan: – Jika anda mempunyai kristal yang sama dari osilator kristal, coba ganti osilator kristal 12MHz dari perangkat USB Boleh juga anda ambil dari perangkat lain seperti USB memory card reader, USB drive atau dll dan buat sambungan seperti di bawah ini.
112
1)      Keluarkan kristal
2)      Ambil dua kawat dan Solder kabel tersebut pada ujung kaki kristal
3)      Solder kabel dan kristal pada tempat yang tepat
Sesuaikan penempatan kristal dalam casing usb dan sekarang perangkat siap untuk dites lagi.
Saya berharap langkah-langkah Cara Memperbaiki USB Flash Drive Pada USB Device Not Recognized di atas akan membantu Anda. Namun jika semua upaya gagal untuk mengatasi masalah Anda, kemungkinan IC pada flash disk rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tolong komentar yang bermanfaat dan membangun...trimz