Selasa, 27 Desember 2011

Tes Memori (RAM) dengan Memtest86+


memtes86+Salah satu ciri ketika memori komputer rusak adalah komputersering hang. Namun komputer sering hang bukan hanya disebabkan oleh memori yang rusak. Ada beberapa penyebab lain. Nah untuk mengetahui kerusakan memori maka tak ada jalan lain, mengetes kerusakan memori sebagai pilihan paling tepat. Pada artikel ini saya menggunakan software test memori yaitu Memtest86+.
Part 1: Persiapan
Method 1: Dengan USB Memory Stick
  1. Unduh versi terakhir “Auto-installer for USB Key (Win 9x/2k/xp/7)” dari link ini: http://memtest.org/#downiso
  2. Masukkan flash drive USB kosong ke port komputer. Ukuran flash drive tidak masalah karena software ini membutuhkan space hanya 180 Kb saja.
  3. Extract file zip yang baru anda download ke suatu tempat kemudian double-click pada Memtest86+ USB Installer.exe.
  4. Ikuti setup utility. Untuk mencegah masalah, sebaiknya ikuti perintah format yang disiapkan. Lihat gambar dibawah ini;
test memori
Method 2: Dengan CD
  1. Unduh versi terakhir “Precompiled Boot ISO (.zip)” dari link ini: http://memtest.org/#downiso
  2. Extract file zip yang baru anda download ke suatu tempat misalnya desktop.
  3. Right-click pada ISO, dan pilih [Open with>Windows Disc Image Burner]. Lihat gambar dibawah ini;tes kerusakan memori
  4. Masukkan CD kosong ke dalam CD Drive dan pastikan pilahan anda tepat pada [Disc burner]. Lihat gambar ini;cek memori
  5. Klik pada “Burn”.
  6. Sekarang CD siap pakai.
Part 2: Testing
  1. Dengan CD dalam drive, atau atau USB yang terpasang (tergantung pilihan metode anda) reboot komputer Anda. Jika tidak secara otomatis memtest boot, masuk ke BIOS dan mengubah drive CD atau drive USB untuk menjadi pilahan pertama boot.
  2. Memtest akan segera memulai pengujian secepat boot. Tidak ada intervensi yang diperlukan pada proses ini.
  3. Biarkan proses berjalan sampai paling tidak melewati 7 fase selesai, atau kesalahan yang ditemukan (mana yang terjadi terlebih dahulu). Semakin lama proses ini berjalan semakin baik karena berarti tidak ada kerusakan.
tes kerusakan memori
Melewati Tujuh fase akan memakan waktu beberapa puluh menti bahkan bisa sejam, tergantung pada jumlah RAM Anda. Disarankan proses ini dijalankan ketika anda sedang istirahat.
Part 3: Jika sistem menemukan kesalahan:
Tujuannya test ini adalah untuk menguji semua RAM dan semua slot motherboard. Periksa buku manual motherboard anda untuk memastikan RAM stick pada slot motherboard sesuai yang direkomendasikan.
Jika Anda mendapatkan error, berhenti tes dan lanjutkan dengan langkah berikutnya.
  1. Jika komputer anda menggunakan lebih satu stik memori, buka memori dan sisakan satu saja RAM dari komputer Anda (tinggalkan RAM stick # 1), dan jalankan Memtest86 lagi, selama 7 fase. Jika stik memori #1 yang kita tes ini lulus, lanjutkan ke langkah 3 dibawah.
  2. Jika RAM stick # 1 memiliki kesalahan, ulangi uji dengan RAM stick # 2 di slot motherboard yang sama. Jika RAM stick # 2 lolos kesalahan, ini menunjukkan bahwa tongkat RAM # 1 mungkin rusak. Jika Anda ingin benar-benar yakin, tes ulang RAM stick # 1 pada slot yang berbeda. Jika RAM stick # 2 memiliki kesalahan, ini menunjukkan RAM stik#2 rusak atau kegagalan slot motherboard slot.
  3. Uji RAM (stick # 2) di slot motherboard yang lain. Amati hasilnya bagaimana. Jika ada kesalahan lagi, maka pasti RAM 2 rusak.
  4. Jika Anda menemukan sebuah RAM sudah lulus tes, tes di semua slot motherboard lainnya.
Catatan: Tes ini hanya bisa anda lakukan ketika RAM belum rusak total katena jika anda menggunakan satu RAM saja dan rusak total maka komputer akan mati total dan test tidak bisa lagi jalan.

Bagaimana jika RAM bermasalah/Error ?

Jika RAM ada yang error, sebaiknya segera diganti, karena meskipun sedikit tetapi hal ini kemungkinan akan sering menyebabkan komputer hang/crash. Biasanya RAM/Memori bergaransi lifetime, sehingga ada baiknya dicoba untuk ditukar ke toko tempat membeli RAM tersebut.
Untuk mendapatkan Memtest86+ ini kita bisa download dengan memilih beberapa media yang disediakan, yaitu :
Informasi selengkapnya bisa mengunjungi website Memtest86+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tolong komentar yang bermanfaat dan membangun...trimz