Selasa, 18 Oktober 2011

Pengertian Kapasitor atau Kondensator (Elco)

Kondensator (Elco)Dalam suatu rangkaian elektronika sering kali kita menjumpai kapasitor? lalu apa itu kapasitor? kegunaan kapasitor itu untuk apa? Kapasitor atau kondensator adalah suatu komponen elektronika yang dapat menyimpan arus listrik sementara di dalam medan listrik, dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. Kapasitor ini di gunakan untuk penstabil tegangan pada AC/DC power dan Amplifier. Kondensator juga dikenal sebagai "kapasitor", namun kata "kondensator" masih dipakai hingga saat ini. Pertama disebut oleh Alessandro Volta seorang ilmuwan Italia pada tahun 1782 (dari bahasa Itali condensatore), dan komponen ini memiliki satuan yang disebut Farad, nama Farad sendiri di ambil dari sang penemunya yaitu Michael Faraday.

Semakin besar jumlah Farad atau kapasitas muatan listrik yang dapat di tampung maka bentuk dari kapasitornya akan semakin besar. Tetapi di dalam sebuah komponen elektronika nilai yang terdapat dalam sebuah kapasitor nilainya kecil, biasanya satuan yang di gunakan adalah uF, nF dan pF. Nah kalau 1 farad itu sama saja dengan 1.000.000 (uF) microfarad. Untuk lebih jelasnya yuk kita pelajari perbandingannya

1 Farad = 1.000.000 uF (mikro Farad)
1 uF = 1.000.000 pF (piko Farad)
1 uF = 1.000 nF (nano Farad)
1 nF = 1.000 pF (piko Farad)
1 pF = 1.000 uF (mikro-mikro Farad) (biasanya berbentuk bulat panjang seperti tabung)
1 uF = 10-6 F (biasanya berbentuk bulat panjang seperti tabung)
1 nF = 10-9 F (biasanya berbentuk mika berwarna hijau)
1 pF = 10-12 F (biasanya berbentuk keramik pipih)

*simbol micro sebenarnya bukan huruf u seperti yang ada di atas melainkan mirip huruf u tapi kaki kanannya ada garis kebawah.

Biasanya dulu admin memakai kapasitor paling besar adalah 20.000 microfarad itu juga besarnya sudah seperti gelas atau batu batre yg paling besar, walau ada yang 50.000 microfarad tapi admin melihat juga dari Trafo yang digunakan, karena admin memakai jenis trafo 10A ERA (trafo berkualitas bagus) maka cukup memakai yang 20.000 microfarad saja atau me'pararel'kan dua buah Elco menjadi satu sehingga nilainya akan bertambah, hehe juga elco berkapasitas 50.000 microfarad itu mahal banget, sekitar tahun 2001 harganya mencapai 80rb gak tahu sekarang berapa. Admin gunakan kapasitor sebagai penstabil tegangan Adaptor untuk pemancar Radio FM buatan admin dulu. Karena dengan menambah besarnya kapasitor maka arus yang di hasilkan semakin baik.. gak mendengung lagi, seperti juga dengan sebuah amplifier Tape Recorder semakin besar elco atau kapasitornya maka semakin lembut suara nada rendahnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tolong komentar yang bermanfaat dan membangun...trimz